MANFAAT DARI BUAH PEPAYA

MANFAAT PEPAYA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Pepaya adalah satu-satunya buah dalam jenis Genus Carica. Nama “Pepaya” diambil dalam bahasa Indonesia, dari bahasa Sunda yaitu “Gedang”, dari bahasa Belanda yaitu “Papaja”, dari bahasa Arawak yaitu “Papaya”, sedangkan dalam bahasa Jawa yaitu “Kates”.
Biasanya di kalangan masyarakat terhadap buah pepaya sering sekali di asingkan. Akan tetapi pepaya itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dan bagi anda yang suka menyantap buah pepaya, ada baiknya mengetahui keistimewaan buah yang satu ini agar keyakinan anda untuk mengkonsumsi semakin bertambah. Buah pepaya memiliki rasa yang unik, saat masih muda rasanya itu hambar sehingga biasanya suka digunakan untuk dibuat sayur-mayur. Akan tetapi ketika pepaya sudah masak dan berwarna merah rasanya manis.
Salah satu manfaat pepaya yaitu dapat mengencangkan payudara wanita, dapat melangsingkan tubuh, dan dapat menghilangkan jerawat. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran tetapi kalau daun pepaya mudanya biasanya suka dijadikan lalap oleh kalangan masyarakat, getah pepaya mengandung enzim papain semacam protease yang dapat melunakkan daging dan dapat mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan telah menjadi komoditas dagang. Daun pepaya juga berkhasiat untuk obat dan perasannya digunakan untuk pengobatan tradisional untuk penambah nafsu makan. Manfaat pepaya itu sangat banyak, dikarenakan pepaya mengandung antioksidan seperti beta karoten (vit A), vit C, vit B kompleks, flavonoid, asam folat, dan pantotenat. Selain itu pepaya juga banyak mengandung mineral, kalium, magnesium, dan serat.
Selain manfaat pepaya yang tertera di atas, di bawah ini beberapa manfaat lain dari pepaya untuk kesehatan tubuh, diantaranya :
  1. Sebagai detoksifikasi di dalam tubuh
  2. Pepaya dapat melawan penyakit jantung
  3. Dapat mencegah kanker
  4. Dapat membantu meningkatkan kualitas sperma
  5. Dapat membantu mencegah perkembangan bakteri yang dapat merugikan usus
  6. Dapat menyembuhkan penyakit disentri dan reumatik
  7. Dengan kulit pepaya mampu membantu penyembuhan luka di kulit
  8. Pepaya kaya akan anti inflamasi
  9. Dapat mengeluarkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh
  10. Berguna bagi mereka yang sedang mengalami masalah gangguan pencernaan dan sembelit
  11. Meningkatkan daya tahan tubuh
  12. Mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah
  13. Membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculnya ketombe
  14. Mampu memerangi radikal bebas yang dapat menimbulkan penuaan dini
  15. Untuk memutihkan kulit
  16. Akan terbebas dari penyakit epilepsi, hipertensi, kencing manis, dan radang sendi
Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi pepaya, ada baiknya pepaya dapat disisipkan ke dalam daftar makanan anda.
Sumber 
Manfaat blogspot.com
Ahmadnaziq.blogspot.com
Wikipedia.org
Kompasiana.com