Badan Tetap Sehat, Meski Kurang Tidur


Info Kesehatan – Belum tentu orang yang sudah tidur selama delapan jam, saat bangun mendapatkan energi besar. Benarkah begitu?
Benar, seperti jawaban dari Joseph Ojile MD, Pendiri sekaligus CEO Clayton Sleep Institute di St Louis. Dia menjelaskan, kuantitas tidur seseorang belum tentu seimbang dengan kualitasnya. Termasuk dalam hal ini, terkait kebiasaan seseorang yang pergi ke tempat tidur lebih dahulu nyatanya tidak selalu mempunyai kualitas kesehatan yang baik atau bisa tidur dengan pulas.
Hal ini tentu saja kuncinya terkait dengan kebiasaan Anda dalam menjalankan gaya hidup sehat, sehingga terbebas dari beragam penyakit seperti jantung, diabetes, dan depresi. Jika Anda merasa mempunyai waktu tidur sedikit, namun tetap sehat, ikuti saran ini:
Mandi air hangat dan minum secangkir teh herbal
 Hal ini diperlukan agar tubuh yang telah bekerja setiap hari merasa rileks, hingga peredaran darah di tubuh berjalan lancar. Tentu itu bagus untuk pemulihan tubuh Anda. Apalagi jika hal tersebut ditambah dengan mengonsumsi teh herbal sebelum pergi tidur, ini akan memicu dan mempercepat proses pemulihan tubuh Anda.
Bernapaslah dengan plong
 Belakangan fenomena gangguan tidur atau Sleep Apnea muncul kalangan masyarakat. Mereka yang menderita penyakit tersebut menjadi sulit bernapas hingga membuat kualitas tidur berkurang.
Hal tersebut bila terjadi dengan Anda, terapi praktis untuk meredakan itu dengan tidur menyamping. Hal ini agar sirkulasi oksigen yang masuk bisa berjalan lancar. Sementara jika Anda tidak terserang hal tersebut, buatlah tidur Anda senyaman mungkin. Ini berguna agar otak juga istirahat dan dijauhkan dari pikiran-pikiran tidak seharusnya muncul.
Menjadwal ulang olahraga rutin Anda
Olahraga rutin bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, jika waktunya benar. Adapun maksud hal ini, belakangan di kalangan anak muda marak berolahraga di tengah malam. Futsal dan bulu tangkis, misalnya.
Selanjutnya, jika hal ini masih tetap dilakukan, tidur Anda bisa terganggu. Karena orang yang melakukan aktivitas di tengah malam butuh waktu tiga sampai empat jam bagi tubuh untuk masa pendinginan. “Ketika suhu tubuh terlalu tinggi dan detak jantung Anda bergerak cepat, hal itu dapat membuat Anda tetap terjaga,” kata Ojile, seperti dilansir Womens Health.
Sehingga direkomendasikan agar tidur kita bisa berkualitas walau dengan waktu yang singkat, pergi olahragalah di pagi hari atau saat makan siang. Dari sana, Anda akan merasakan energi yang luar biasa dan meningkatkan kinerja.
Sumber: okezone