Banyak Berdiri Mencegah Diabetes

Banyak Berdiri Mencegah Diabetes


Info Kesehatan – Dengan berdiri beberapa kali sehari dan mengurangi waktu duduk, maka kita bisa mencegah diabetes tipe 2. Sebuah penelitian baru menyimpulkan orang yang memiliki resiko tinggi untuk terkena diabetes bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini dengan cara mengurangi waktu duduk mereka hingga 90 menit per hari.

Karenanya, petugas kesehatan merekomendasikan 150 menit aktivitas fisik setiap minggu sebagai sebuah program untuk mendorong orang lebih aktif, demikian penelitian dari Universitas Leicester, Inggris. Mereka menemukan faktor resiko diabetes tipe 2 seperti glukosa darah dan level kolesterol akan meningkat bila orang duduk terlalu lama.
Diabetes tipe 2 kebanyakan mempengaruhi orang-orang paruh baya dan terjadi saat tubuh secara bertahap kehilangan kemampuan untuk mengolah gula darah. Sehingga gula darah meningkat tajam dan bisa merusak organ tubuh. Penyakit ini dihubungkan dengan faktor gaya hidup seperti kelebihan berat atau obesitas, sehingga membuat orang kurang aktif dan makan makanan tidak sehat.
Tim dari Diabetes Research Unit di Universitas Leicester meneliti para pasien berkenaan level aktivitas dan diabetes mereka. Para pasien yang berpotensi terkena diabetes berusia antara 30-an hingga akhir 60-an. Tim ini menguji sampai sejauh mana perilaku tidak aktif, latihan fisik aktif dan aktivitas fisik total dihubungan dengan faktor resiko kardiometabolis dalam sebuah populasi yang beresiko terkena diabetes tipe 2. Pemimpin dalam penelitian ini, Joseph Henson menyarankan supaya orang mengurangi waktu duduk mereka hingga 90 menit per hari untuk mengurangi resiko terkena diabetes.
“Yang jelas adalah siapapun yang duduk terlalu lama mulai harus mempertimbangkan untuk lebih aktif secara fisik. Temukan aktivitas yang Anda suka dan bisa dimasukkan dalam kehidupan sehari-hari seperti berjalan-jalan, berkebun, melakuan pekerjaan rumah tangga,” kata Dr Matthew Hobbs, Kepala Penelitian Diabetes di UK (United Kingdom).
Sumber : timlo[dot]net