Banyak Mikir Bisa Sebabkan Sakit


Info kesehatan – Jangan terlalu banyak berpikir! Terus memikirkan peristiwa yang membuat stres bisa meningkatkan 20 persen peradangan dalam tubuh Anda,” kata peneliti dari Ohio University. Bila berlebihan merenungkan masa lalu, pada dasarnya Anda menciptakan hormon stres dalam pikiran Anda, kata penulis Peggy Zoccola, Ph.D.
“Stres bisa berdampak pada perubahan dalam tubuh Anda dari detak jantung, tekanan darah, atau tingkatan kartisol (hormon yang mempengaruhi metabolisme tubuh) dan terus merenungkan peristiwa stres itu bisa mengaktifkan suasana negatif yang sama dalam tubuh saat itu,” tambahnya.
Selanjutnya, kata dia, jika Anda tidak bisa beranjak dari pikiran itu, maka bisa berdampak pada peradangan yang berisiko tinggi, seperti penyakit jantung dan penyakit lainnya. “Jika terus-menerus melakukan hal itu, Anda mudah terserang gangguan penyakit,” katanya, seperti dilansir Mens Health.
“Jadi jika Anda panik, coba tersenyumlah. Percaya atau tidak, hanya dengan pura-pura senyum dapat membantu mengurangi efek stres dan menurunkan detak jantung Anda,” kata Zoccola dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Univercity of Kansas.
Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Univercity of Kansas, Zoccola menyimpulkan bahwa dengan mengaktifkan otot-otot di wajah seperti mengirimkan pesan ke otak, Anda merasa senang dan tenang.
Sumber : okezone.com