Cara Agar Anda Lebih Mudah Bangun Pagi

Info Kesehatan – Bagi Anda yang harus berangkat pagi ke kantor, harus menyiapkan sarapan untuk suami dan anak-anak, harus kuliah atau sekolah pagi, sebaiknya mencoba tips-tips menyenangkan ini untuk bisa membuat Anda lebih segar saat bangun di pagi hari. Bangun pagi memang sering menjadi hal yang sulit dilakukan, apalagi kalau bangun siang dan begadang sudah jadi kebiasaan. Namun bila Anda harus melakukannya, cobalah tips berikut ini.

1. Jangan Makan Terlalu Kenyang
Makan memang bisa membuat Anda mengantuk. Namun jangan makan terlalu banyak ketika malam tiba, karena hanya akan membuat Anda tersiksa karena kekenyangan. Selain Anda yang tersiksa, tubuh pun ikut terbebani dengan proses penggilingan makanan dalam perut. Makan secukupnya, usahakan ringan dengan mengurangi karbohidrat dan dahulukan makanan berserat.
2. Lakukan Peregangan
Bila Anda terlalu lelah atau banyak beraktivitas di hari itu, coba lakukan yoga ringan dengan meregangkan kaki Anda. Duduklah pada matras atau lantai. Duduk dengan kedua kaki merapat di depan dan lakukan peregangan dengan bantuan tangan Anda. Lakukan 1-2 kali, kemudian letakkan tangan Anda di belakang dan pelan-pelan angkat pinggul Anda ke atas. Tahan beberapa detik dan turunkan kembali. Lakukan 3-4 kali agar tubuh Anda lebih rileks saat tidur dan bangun dengan lebih segar.
3. No coffee, no milk
Tak perlu minum susu, apalagi kopi. Minumlah teh atau perasan lemon dengan madu dan kayu manis hangat. Minuman semacam ini akan menenangkan Anda dan memaksimalkan Anda saat istirahat malam nanti.

4. Gunakan Gadget Sebagai Alarm
Daripada sibuk membuat diri mengantuk dengan main Twitter, sebaiknya set alarm Anda setengah jam lebih awal dari yang Anda inginkan. Lakukan hal ini secara bertahap sampai Anda merasa jam tubuh Anda bisa membuat Anda bangun lebih pagi. Berikutnya, tidak usah menggunakan alarm agar Anda terbiasa bangun dengan segar dan tidak kaget karena bunyi alarm.
5. Lakukan Kegiatan Setelah Bangun
Anda bisa melakukan berbagai kegiatan setelah bangun pagi. Bila Anda hanya menganggur, hal itu akan membuat Anda bosan dan ngantuk lagi. Coba berjalan-jalan keluar, membersihkan halaman ataupun memasak setelah Anda mencuci muka. Bila perlu, mandilah 20 menit setelah Anda bangun agar tubuh lebih ‘melek’. Bangun pagi bukanlah kebiasaan yang akan merugikan Anda. Justru akan membuat Anda makin sehat dan hidup lebih tertata. Biasakan bangun pagi dan tidur tepat waktu agar Anda lebih bersemangat sepanjang hari.
Sumber : vemale.com