Cara Alami Mengatasi Sakit Pinggang

Cara Alami Mengatasi Sakit Pinggang 

Info Kesehatan – Sakit pinggang membuat kita malas untuk beraktifitas betul kan? nah kang salman sendiri sering mengalami hal ini terlebih setelah main footsal bareng temen-temen. Awalnya saya selalu minum obat untuk menyembuhkan sakit pinggang, namun teman saya menyarankan sebaiknya jangan terlalu bergantung dengan obat karena akan memberikan efek samping dalam jangka waktu panjang dikemudian hari.

Jika anda sakit pinggang sebaiknya jangan minum obat-obatan yang berbahan campuran bahan kimia karena ada cara alami yang berbahan herbal yang relatif aman dikonsumsi oleh tubuh kita. Sakit pinggang memang cukup mengganggu aktivitas kita sehingga selain diobati kita juga harus melakukan pencegahan agar di kemudian hari tidak sakit pinggang lagi. 

Cara alamiah yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang yaitu:

  • 25 gram jahe merah segar + 25 gram temu hitam segar + 30 gram akar sawi langit segar + 30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  • 30 gram daun dewa segar + 30 gram temu lawak segar + 25 gram daun hia/baru china segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  • 10 butir angco + 1 – 3 buah sun boi/kiam boi + 15 gram akar bawang merah segar + 25 gram jahe merah segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  • 100 gram buah takokak + 30 gram rambut jagung + 20 gram jahe merah segar + 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, lalu diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  • Cabai rawit (dibuang tangkainya) + jahe (diiris-iris) masing-masing secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada pinggang yang terasa sakit. Lakukan secara teratur.
  • 120 gram jahe merah + 150 gram bawang putih + bubuk cabai secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur.
  • Moxa dinyalakan/dibakar lalu didekatkan pada bagian yang sakit dengan jarak dekat sekitar 2,5 cm selama 10 – 15 menit. Jika terlalu panas, jaraknya agak dijauhkan. Lakukan secara teratur.


Catatan : anda dapat menggunakan salah satu cara alamiah di atas. Angco, kiam boi/sun boi, dan moxa dapat dibeli di toko obat Tionghoa. Dalam melakukan perebusan gunakan panci enamel atau periuk tanah. (berbagai sumber)