Hati-Hati, Minum Obat Pelangsing Ganggu Siklus Menstruasi

Hati-Hati, Minum Obat Pelangsing Ganggu Siklus Menstruasi

Info Kesehatan – Menstruasi ternyata menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan kesuburan atau kesehatan seksual seorang wanita. Ada banyak hal yang dapat dipengaruhi oleh menstruasi yang tidak teratur, kenali juga apa saja yang menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

Siklus menstruasi yang tidak teratur dalam sesekali waktu memang sering terjadi. Ini merupakan hal yang normal pada wanita. Namun jika menstruasi yang tidak teratur ini secara konsisten terus terjadi, ini bisa menjadi indikator bahwa Anda mengalami keterlambatan ovulasi.

Ketidak teraturan siklus menstruasi biasanya lebih disebabkan oleh lingkungan yang membuat Anda tertekan atau stres, atau Anda dalam pengobatan dan konsumsi kafein atau zat lain yang menggangu fungsi tertentu dalam tubuh yang berpengaruh terhadap siklus menstruasi, demikian yang dikutip bukuBayi tabung, Mempersiapkan Kehamilan, karya dr.Ivan R. Sini, SpOG, terbitan Gramedia.

Fluktuasi pada periode menstruasi merupakan indikastor terganggunya hormon yang mengatur menstruasi. Penyebabnya antara lain:

  1. Penggunaan suplemen atau obat-obatan penurun berat badan yang mengandung allergen, yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan terutama pada siklus menstruasi.
  2. Kebanyakan wanita ingin langsing dan sehat, tetapi penurunan lemak tubuh hingga 15 persen dapat mengurangi hormon yang mengatur siklus menstruasi pada wanita. Anda harus tahu, bahwa indeks lemak tubuh yang rendah dapat memengaruhi massa tulang dan sumsum tulang. Ini berarti kesehatan Anda secara keseluruhan dapat terganggu.


Sumber : Okezone[dot]com