Jalan Kaki Bisa Bikin Anak Tambah Pintar

Jalan Kaki Bisa Bikin Anak Tambah Pintar

Info Kesehatan – Jika jarak sekolah anak Anda tidak terlalu jauh, sebaiknya Anda mulai membiasakan anak-anak Anda untuk jalan kaki ke sekolah daripada Anda mengantarnya dengan mobil atau motor. Sebuah penelitian di Denmark menyebutkan bahwa, anak-anak yang berangkat atau pulang sekolah dengan berjalan kaki memiliki tingkat konsentrasi yang jauh lebih tinggi daripada anak-anak yang dijemput dengan kendaraan bermotor oleh orang tuanya.
Temuan ini cukup mengejutkan mengingat para orang tua di Denmark lebih memfokuskan pada menu sarapan sehat untuk mencukupi kebutuhan gizi anak-anaknya, dengan harapan tingkat konsentrasi mereka tetap terjaga selama pelajaran berlangsung. Sarapan sehat memang memegang peranan penting dalam meningkatkan konsentrasi anak, namun penelitian terbaru mengungkap jika jalan kaki ke sekolah memiliki manfaat yang lebih kuat dalam meningkatkan konsentrasi anak dalam menyerap pelajaran selama 4 jam ke depan.
Penelitian ini melibatkan lebih dari 19.000 siswa berusia 5-19 tahun. Para siswa diberikan pertanyaan seputar kebiasaan olahraga mereka, kemudian diberikan tes pengukuran dasar konsentrasi. Hasilnya, tubuh anak-anak tersebut merasa lebih segar setelah berolahraga. Dan yang mengejutkan, efeknya berjalan cukup lama hingga beberapa jam ke depan, termasuk saat anak-anak menyerap pelajaran di kelas.
Hasil penelitian ini diperkuat oleh penelitian lanjutan dari University of Montreal yang menyatakan bahwa, aliran darah dan oksigen yang lebih baik ke seluruh tubuh, terutama di otak, menjadi alasan yang masuk akal tentang bagaimana aktivitas fisik, seperti jalan kaki ke sekolah, dapat membuat tingkat konsentrasi anak meningkat dan membuatnya lebih cerdas.
Sumber : duniafitnes.com