Kawat Gigi Mengundang Penyakit Hepatitis Hingga HIV/AIDS

Dampak Buruk Memakai Kawat Gigi


Info Kesehatan – Kawat gigi atau sering kita kenal dengan behel mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Benda yang satu ini telah dikenal sebagai alat perapi gigi yang sangat modern. Selain itu, kawat gigi pun sekarang telah berubah fungsi dari untuk meratakan gigi atau memperindah berubah menjadi trend atau bikin gaul (gaya anak muda zaman sekarang ). Di Indonesia penggunaan kawat gigi baru dimulai pada 1980-an dan semakin populer pada awal tahun 2000 hingga sekarang. Dan oleh karena itu mengenakan behel pun sudah menjadi tren di semua lapisan masyarakat. Baik dalam usia tua, muda, hingga anak-anak. Namun di dalam prakteknya pemasangan kawat gigi itu sangatlah berbahaya jika dilakukan bukan oleh ahlinya melainkan dokter gigi.

Menurut Dr. Zuhra pemasangan kawat gigi yang tidak benar bukan hanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut dan gigi saja, melainkan juga dapat menyebabkan pasien tertular penyakit mulai dari hepatitis hingga HIV/AIDS. Untuk lebih jauh, kenali beberapa efek samping yang berbahaya akibat pemasangan kawat gigi, diantaranya :

1. Penyakit Menular Seksual 
Kawat logam yang dipasang pada gigi anda itu sering berbenturan dan dapat menyebabkan luka kecil pada bibir dan bagian dalam pipi. Dan dalam aktivitas seksula seperti seks moral atau berciuman luka kecil di dalam mulut anda akan menyediakan jalan masuknya penyakit termasuk hepatitis dan HIV.

2. Alergi 
Sekitar 30% pasien ortodontik dari semua pasien tersebut lainnya memiliki alergi terhadap logam yang dapat menyebabkan rasa sakit dan telinga tersumbat.

3. Karang Gigi 
Krena di bawah maupun di sekitar kurung logam dan kawat yang sulit untuk di bersihkan, sisa-sisa makanan itu bisa terjebak di daerah-daerah yang sulit dijangkau sikat gigi yang mengarah kepada penumpukan flek. Hal itu dapat menyebabkan mengalami kerusakan pada gigi dan nyeri gusi. 

4. Dapat Menimbulkan Sariawan.

5. Mengalami Inflamasi (radang gusi) Yang Menyebabkan Gusi Mudah Berdarah. 

Demikian informasi mengenai bahaya dari memakai kawat gigi. Kini keputusan ada pada anda masing-masing. Semoga artikel ini banyak manfaatnya. (berbagai sumber)