Makanan Perlindungan Mata

Makanan Perlindungan Mata


Info Kesehatan – Mata merupakan indera yang sangat kita butuhkan. Tanpa mata, kita tidak dapat melakukan pekerjaan dan berbagai kegiatan secara maksimal. Untuk itu, upaya maksimal dalam menjaga mata perlu kita lakukan. Diantaranya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A.
Selama ini, wortel terkenal sebagai sayuran berhasiat untuk melindungi penglihatan. Padahal dalam banyak studi diketahui bahwa untuk melindungi mata diperlukan berbagai jenis nutrien. Ada berbagai bahan makanan sebagai sumber vitamin A yaitu daun katuk, wortel rebus, Andaliman, Lamtoro Gung, Tempe lamtoro Gung, daun singkong rebus, tepung ikan, ikan belida, telur, tepung teri, belut dan jagung.
Berikut ini, contoh makanan buah yang mengandung tiga nutrien utama untuk melindungi penglihatan:
-Telur
Kuning telur kaya akan lutein, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat mengurangi risiko berkembangnya katarak. Sumber makanan lain yang juga kaya lutein antara lain brokoli, brussels sprout dan buah kiwi.
-Jagung
Jagung mengandung berbagai macam zat-zat terbaik, seperti zeaxanthin yaitu zat yang dapat membantu mencegah terjadinya age-related macular degeneration (masalah penglihatan yang terjadi berkaitan dengan usia menua, yaitu kehilangan penglihatan pada orang-orang lanjut usia). Antioksidan ini juga ditemukan dalam buah jeruk.
-Mangga
Mangga diketahui mengandung beta karoten yang oleh tubuh kita diubah menjadi vitamin A seperti yang dibutuhkan. Vitamin A membantu mencegah rabun senja. Paprika merah juga banyak mengandung karotenoid yang sehat.
Sumber : dechacare.com