Penyebab Utama Infertilitas Pada Pria

Penyebab Utama Infertilitas Pada Pria

Info Kesehatan – Kehamilan membutuhkan ovulasi dan pembuahan yang baik dan sehat. Untuk beberapa pasangan yang berusaha hamil, sesuatu yang tidak beres dalam kesehatan seksual mereka dapat mengakibatkan infertilitas. Penyebab infertilitas dapat melibatkan satu atau kedua pasangan, baik pria maupun wanita. Pada sekitar sepertiga kasus, infertilitas penyebabnya melibatkan pria karena kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat seperti merokok.

Penyebab infertilitas pada pria bisa berupa tidak maksimalnya jumlah sperma yang dikeluarkan. Beberapa hal dapat mempengaruhi jumlah sperma, kemampuan sperma untuk bergerak (motilitas), atau kemampuan untuk membuahi sel telur, demikian yang dilansir Mayoclinic.


Produksi sperma yang abnormal bisa terjadi akibat berbagai masalah, seperti testis yang tidak turun, cacat genetik, atau infeksi berulang. Masalah saat mengeluarkan sperma seperti ejakulasi dini atau hubungan seksual yang menyakitkan (dispareunia), masalah kesehatan, seperti ejakulasi retrograde, penyakit genetik tertentu, seperti cystic fibrosis, atau masalah struktural, seperti penyumbatan bagian dari testis yang berisi sperma (epididimis), juga mempengaruhi fertilitas pada pria.

Secara umum kesehatan dan gaya hidup, seperti gizi buruk, obesitas, dan penggunaan alkohol, tembakau, dan obat-obatan menjadi faktor terbanyak yang membuat pria menjadi tidak subur. Paparan faktor lingkungan tertentu, seperti pestisida dan bahan kimia lainnya. Selain itu, sering terpapar panas, seperti di sauna atau bak air panas, dapat meningkatkan suhu tubuh inti Anda. Hal ini dapat mengganggu produksi sperma dan menurunkan jumlah sperma Anda. Mencoba gaya hidup lebih sehat dan berkonsultasi dengan dokter akan membantu Anda mengatasi masalah infertilitas. (berbagai sumber)