Vitamin A dan D Dapat Akibatkan Gangguan Fungsi Hati

Info Kesehatan – Memang benar bahwa tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin A dan D untuk menjaga daya tahan, namun terlalu banyak vitamin juga dapat membahayakan kesehatan terutama gangguan hati.
“Terlalu banyak konsumsi vitamin A dan D bisa mengakibatkan gangguan fungsi hati,” kata dokter spesialis gizi klinik dari FKUI-RSCM, Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK.
Fiastuti menjelaskan bahwa vitamin A dan D adalah vitamin yang larut dalam lemak, sehingga bila kadarnya terlalu banyak, maka akan disimpan di dalam hepar.
Sementara vitamin yang larut dalam air, bila kadarnya terlalu tinggi akan dikeluarkan melalui urin.
“Intoksikasi atau kelebihan vitamin A dan D biasanya terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi minyak ikan,” jelas Fiastuti.
Menurut dia, hal ini disebabkan karena minyak ikan merupakan sumber vitamin A dan D serta asam lemak tidak jenuh tertinggi.
“Namun masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir. Soalnya konsumsi ikan di negara ini masih sangat rendah meskipun kita adalah negara maritim,” tandas dia.
Lebih lanjut Fiastuti memaparkan bahwa rata-rata masyarakat Indonesia hanya mengkonsumsi ikan sebanyak delapan gram per kapita per hari. Sementara seharusnya jumlah protein ikan yang dikonsumsi adalah 30 gram per kapita per hari.
sumber: vemale.com