Home » » Waspada Kematian Mendadak Saat Berolahraga

Waspada Kematian Mendadak Saat Berolahraga

Written By Putri Suherman on Minggu, 24 Maret 2013 | 22.34



Info Kesehatan - Kematian adalah salah satu dari misteri yang tidak pernah bisa diprediksi oleh manusia. Kematian bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk saat anda sedang berolahraga. Sudah banyak terjadi kejadian dimana orang meninggal saat berolahraga. Baik atlet profesional maupun orang biasa yang senang olahraga bisa beresiko meninggal karena olahraga.

Beberapa hal yang menyebabkan kematian mendadak saat olahraga adalah:
  1. Penyakit jantung
  2. Stroke
  3. Kejang-kejang
  4. Kelelahan
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kematian karena olahraga. Kematian karena penyakit jantung saat berolahraga bisa dicegah dengan membatasi olahraga yang anda lakukan. Jangan terlalu lelah dan memaksakan diri. Jika anda punya penyakit jantung, jangan melakukan olahraga yang terlalu berat seperti angkat besi dan lari marathon. Lakukan olahraga ringan seperti jogging dan jalan santai disekeliling komplek rumah anda.

Jika anda pernah stroke, lebih baik jangan melakukan olahraga karena anda sangat beresiko meninggal mendadak saat berolah raga. Lakukan olahraga ditempat seperti jalan ditempat dan senam ringan saja untuk menjaga kesehatan anda.

Kejang-kejang saat olahraga bisa menyebabkan kematian juga apalagi anda kejang saat sedang olahraga renang. Untuk mencegah kejang-kejang tersebut, sebaiknya sebelum olahraga, anda harus melakukan pemanasan dengan baik. Pemanasan sebelum olahraga bisa membuat otot-otot siap untuk beraktifitas dan mengurangi resiko kejang-kejang. Ada berbagai teknik pemanasan yang bisa anda lakukan yang disesuikan dengan jenis olahraga yang anda lakukan.

Kelelahan bisa juga menyebabkan kematian dan untuk mencegah hal itu, maka usahakan saat oleh raga, jangan sampai terlalu lelah. Beristirahatlah saat anda sudah merasa lelah berolahraga.

Saat berolahraga, selalu bawa minuman dan atau bekal makanan agar energi dan keringat yang hilang bisa segera digantikan. Minuman manis dan minuman ion adalah yang paling cocok untuk mengembalikan tenaga serta cairan tubuh yang hilang. Untuk mencegah kematian saat berolahraga, pencegahan yang paling baik adalah dengan secara teratur memeriksakan diri kedokter. Dokter akan bisa memprediksi resiko-resiko yang anda hadapi jika anda seorang yang hobi berolahraga.

sumber: perempuan.com
Share this article :

Poskan Komentar

 
Sponsored by: ace maxs | tricajus | jelly gamat
Copyright © 2011. Info Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger