Awas, Luka Kecil Bisa Sebabkan Gagal Jantung


Info Kesehatan – Luka lecet di kaki setelah main futsal atau terjatuh boleh saja Anda abaikan. Namun, jangan sepelekan bekas luka di jantung. Sebab, kondisi itu bisa memicu Anda gagal jantung.  Mau Bukti?
Kondisi itu yang disebut ‘left anterior fascicular block’ (LAFB), adanya bekas luka pada bagian ventrikel kiri jantung Anda. Seseorang yang memiliki kondisi seperti ini lebih tinggi kemungkinan terjadinya gagal jantung, sebagaimana hasil penelitian terbaru, yang dipublikasikan Journal of American Medical Association, edisi 17 April 2013.
Dalam penelitian ini, para peneliti menganalisis lebih dari 1.600 orang tua dari usia 65 tahun yang diobservasinya selama 16 tahun. Sementara orang dengan pengidap hipertensi, penyakit jantung, diabetes atau yang mempunyai riwayat penyakit jantung tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Demikian seperti dilansir Health Monitor.
Selanjutnya, para peneliti memakai elektrokardiogram (EKG) untuk bisa mereka aktifitas jantung pada hati mereka. “ Dari hasil penelitian itu ditemukan, mereka yang mempunyai LAFB memang memiliki risiko lebih tinggi fibrilasi atrium, gagal jantung dan kematian,” kata Dr Gregory Marcus, seorang electrophysiologist di bidang kardiologi di University of Californi, San Franssisco.
Sumber: okezone.com