Cara Mengatasi Marah-Marah Saat Hamil

Info Kesehatan – Setiap wanita mempunyai tipe yang unik saat hamil. Kebanyakan wanita yang hamil sering marah-marah, mudah tersinggung, dan rewel. Perubahan hormonal kerap yang menjadi penyebabnya.

Perubahan hormonal itu tidak hanya berkontribusi pada kemarahan yang tak terduga, tetapi juga bertanggung jawab terhadap perubahan fisik seperti mual, kaki bengkak, kelelahan, sakit kepala, payudara melembut, insomnia, konstipasi, dan mulas.


Sebenarnya, serangan amarah dari ibu hamil akan berdampak negatif untuk calon bayi serta mengakibatkan keguguran atau komplikasi. Dan ibu hamil perlu mengatasi kemarahan dengan beberapa cara seperti dikutip laman Onlymyhealth, Rabu (31/10):


1. Pilihan makan sehat


Diet ibu hamil harus ketat dalam rangka menyingkirkan efek negatif pada kelebihan berat badan bayi. Tingkatkan asupan karbohidrat dan protein dalam diet Anda, pilihan makanan yang dianjurkan seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan roti gandum. Di antara makan besar, Anda mungkin perlu makan salad atau buah-buahan segar.


2. Tetap aktif


Olahraga teratur membantu mengelola kemarahan dengan baik selama kehamilan. Berlatih yoga selama 15 menit sehari atau berjalan-jalan selama beberapa waktu. Cara ini bisa membantu meringankan ketidaknyamanan fisik maupun emosional. Anda juga dapat memilih latihan peregangan. Ini juga akan menjaga dari kemungkinan sirkulasi darah rusak dan mencegah masalah seperti kaki bengkak dan sakit punggung. Selain itu, melakukan pekerjaan rumah tangga sebagai cara lain agar tetap aktif.


3. Luangkan waktu untuk bersantai


Luangkan waktu yang berkualitas untuk diri sendiri, baik itu menonton film, mendengarkan lagu, atau pergi untuk terapi spa.


4. Biarkan orang lain tahu sebelum Anda memanas


Setiap kali Anda berpikir diskusi bakal mengganggu dengan membuat Anda marah, hindarilah dengan menjauhinya.


5. Merasa nyaman


Di mana pun Anda berada berusahalah merasa nyaman. Kenakan pakaian yang nyaman yang tidak membuat Anda iritasi. Pakaian longgar juga memungkinkan Anda bernapas dengan baik.


Jika Anda sudah mencoba mengatasinya dan menemukan kesulitan dalam mengelola kemarahan, carilah bantuan dari pakarnya untuk mendapat nasihat.
sumber: Liputan6.com