Diet Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur?


Info Kesehatan – Apakah konsumsi makanan dalam diet dan tidur Anda saling berhubungan? Jawabannya adalah iya. Tanpa sadar, apa yang Anda makan dan minum sebelum tidur berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Apa saja kaitan antara makanan diet dengan tidur? Simak keterangan dari Reader Digest berikut ini.
1. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa mengganggu tidur
Saat berdiet, seringkali Anda mengurangi konsumsi makan sebelum tidur, bahkan tidak sama sekali. Tanpa sadar, ini dapat membuat alat pencernaan Anda tidak nyaman, dan berujung pada tidur yan tidak nyenyak.
2. Hati-hati dengan alkohol
Sedikit alkohol memang bisa membantu Anda tidur. Namun saat tubuh Anda mencerna alkohol, Anda tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Alkohol bisa memperparah insomnia. Ini juga bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat Anda kelelahan keesokan harinya.
3. Kafein mengganggu tidur
Bagi orang-orang yang sensitif pada kafein, sedikit kafein saja bisa mengganggu tidurnya. Lebih baik hindari kafein mulai sore hingga malam hari jika Anda termasuk salah satu orang yang sensitif.
4. Mengurangi lemak
Jika Anda mengonsumsi makanan yang penuh lemak saat malam hari, atau memakan makanan yang susah dicerna dan menyebabkan mulas, bisa dipastikan tidur Anda tidak akan nyenyak.
5. Jangan makan terlalu malam
Orang yang terkena mulas atau asam reflux harus menghindari makan berat saat tengah malam atau sebelum tidur. Jika Anda tidur dengan kondisi perut penuh, ini akan meningkatkan asam lambung yang nantinya bisa berjalan menuju esofagus, menyebabkan mulas dan gangguan tidur.
6. Jangan minum terlalu banyak sebelum tidur
Hindari minum terlalu banyak, karena akan membuat Anda sering ke kamar mandi di malam hari.
7. Susu dan madu bisa membantu tidur
Susu mengandung tryptophan, asam amino penting yang merupakan bahan diet alami penyebab tidur. Tryptophan meningkatkan serotonin pada otak yang akan membuat Anda tenang. Menambahkan madu akan membuat tidur Anda semakin nyenyak. Ini juga baik untuk diet Anda karena tidak mengandung tambahan gula.
8. Tumbuhan herbal yang bisa membantu
Banyak tumbuhan herba yang bisa membantu Anda untuk tidur, salah satunya adalah balerian. Valerian yang diminum dengan teh atau dijadikan kapsul bisa mempercepat Anda untuk tidur, karena akar valerian dapat meningkatkan kinerja sistem saraf yang menenangkan otot. Selain valerian, Anda juga bisa menggunakan chamomile, lemon, atau peppermint.
Dengan menjaga kualitas makanan yang Anda konsumsi juga akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Tidur yang cukup juga bisa berpengaruh terhadap diet yang Anda jalani.
Sumber: merdeka.com