Gejala Kanker Yang Banyak Diabaikan Oleh Anda

Info Kesehatan – Seringkali kanker terdeteksi setelah ia menginjak stadium satu atau bahkan sudah stadium tiga. Dan pada saat itu tentunya usaha keras harus terlebih dulu dilakukan untuk melawan penyakit mematikan ini. Apakah usaha tersebut akan berhasil? Prosentasenya beragam, ada yang 50%-50% ada pula yang 40%. Adalah tugas Anda untuk mencegah kanker masuk pada stadium lebih lanjut. Bagaimana caranya?
Sebenarnya, kanker bisa dideteksi sejak dini, sebelum ia berkembang dan menginjak stadium satu. Ada beberapa gejala umum yang seringkali dialami dan diabaikan karena memang merupakan gangguan kesehatan yang seringkali dialami.
Waspadai serangan kanker apabila ada gejala-gejala seperti:
Demam
Demam memang bukan penyakit yang ditakuti karena bisa saja terjadi dan disebabkan berbagai hal. Namun, apabila Anda sering mengalami demam tanpa penyebab yang pasti dan intensitasnya cukup tinggi, maka disarankan Anda melakukan pemeriksaan terhadap dokter.
Umumnya, sel-sel kanker sedang menyebar tatkala demam menyerang tubuh. Dan di sebagian kasus kanker darah, sel-sel kanker berkembang di saat Anda demam.
Kembung
Sering kembung tanpa alasan, maka Anda patut waspada. Terutama apabila kembung tersebut tak dapat disembuhkan dengan obat-obatan yang Anda konsumsi. Lebih baik hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan dini apabila kembung terus menerus meningkat intensitasnya dari hari ke hari.
Cemas
Mendadak cemas tanpa hal yang jelas dan dirasakan setiap hari, juga salah satu indikasi sel kanker sedang menyebar. Sekalipun Anda cukup tidur, tubuh akan terasa lemas dan lelah terus menerus.
Tubuh pegal-pegal
Jika Anda merasa pegal-pegal pada bagian sekitar ketiak atau payudara, maka segera periksakan diri Anda ke dokter. Hal ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit kanker payudara atau kanker kelenjar getah bening.
Ada perubahan bentuk payudara
Bila salah satu payudara berubah bentuk, ada kemerahan serta puting masuk, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Cek dan ketahui sejak dini, apakah ada sel tumor yang sedang berkembang di sana.
Sulit menelan
Seringkali merasa sulit menelan adalah salah satu gejala kanker tenggorokan. Terutama apabila Anda adalah perokok berat, segera periksakan diri Anda untuk mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang Anda.
Kehilangan nafsu makan dan berat badan turun drastis
Jangan keburu senang apabila mendadak berat badan Anda turun drastis. Apabila mendadak Anda kurus tanpa diet dan tanpa workout, maka ini adalah salah satu gejala kanker sedang menyerang kesehatan Anda.
Pendarahan
Apabila Anda mengalami pendarahan sebelum atau sesudah menstruasi, maka Anda perlu memeriksakan diri. Apakah Anda terserang kanker rahim atau ada problem pada rahim Anda.
Muncul tahi lalat yang cepat membesar
Tahi lalat yang tiba-tiba ukurannya besar dan semakin hari ukurannya bertambah, wajib diwaspadai dan diperiksakan pada ahli dermatologi. Tahi lalat bukanlah sekedar tanda lahir, melainkan tanda dari kanker kulit.
Masih ada banyak gejala-gejala kanker yang patut diwaspadai. Untuk terhindar dari penyakit mematikan ini, pastikan Anda mengikuti gaya hidup sehat, berolahraga, menghindari makanan tinggi lemak dan kolesterol serta berhenti merokok atau menghindar dari asap rokok.
Sumber: vemale.com