Hal Buruk Yang Anda Lakukan Pada Rambut

Info Kesehatan – Sudah membeli shampoo berkualitas baik dan melakukan perawatan di salon, mengapa tampilan rambut tidak bisa maksimal ya? Ladies, apabila Anda punya masalah seperti di atas, bisa jadi Anda telah salah melakukan perawatan pada rambut. Yang kami maksud bukan salah pilih produk, tetapi salah memperlakukan rambut sehingga rambut jadi ngambek.
Ada beberapa perlakuan yang ternyata mempengaruhi penampilan rambut, dan dikategorikan sebagai perlakuan yang dapat menyakiti rambut. Apa saja sih itu?
Menggunakan sisir yang tak pernah dicuci
Sepele kan? Tetapi sisir yang tak pernah dicuci akan meninggalkan aneka bakteri dan residu rambut yang membuat rambut jadi kotor atau terkena bakteri lagi. Disarankan untuk merendam sisir dengan baking soda dan air, kemudian mencuci dan membilasnya sehingga kotoran yang menempel pada sisir akan hilang. Dengan begini, sisir akan selalu siap dipakai dan memberikan perlakuan yang tepat untuk rambut Anda.
Menggunakan ikat rambut yang kasar
Sekarang ini sudah banyak lho ikat rambut dengan kualitas karet yang baik dan tidak menyakiti bayang rambut. Hindari menggunakan karet rambut yang akan mengiritasi dan membuat batang rambut menjadi patah-patah. Disarankan pula untuk menggunakan jepit ketimbang karet rambut, agar rambut tidak terikat terlalu erat.
Terlalu sering gonta ganti hair treatment
Apabila sudah menemukan produk hair treatment yang cocok, maka setialah pada produk tersebut. Tak perlu gonta ganti produk hanya karena ada produk baru dengan penawaran menggiurkan. Yang terpenting adalah rambut Anda telah menemukan kecocokan serta perawatan yang dibutuhkan.
Sering mengaplikasikan panas
Terlalu sering menggunakan hairdryer dan pencatok rambut juga akan membuat rambut jadi mudah patah dan rusak. Lebih baik kurangi kebiasaan Anda menggunakan hair dryer dan alat catok, atau cari alat yang ramah pada rambut dengan pengatur suhu di dalamnya.
Tidak memakai serum rambut
Apabila Anda hobby menggunakan hairdryer atau alat catok, maka terlebih dahulu aplikasikan serum pada batang rambut. Serum akan menjadi pelindung rambut yang akan melindungi dari panas dan patah-patah. Dengan memakai serum, maka Anda memberikan perlindungan lebih awal, sehingga dapat terhindar dari problem kerusakan rambut.
Salah menyisir rambut
Menyisir rambut yang benar ternyata diawali dari tengah rambut ke ujung, kemudian baru dirapikan kembali dari pangkal rambut sampai ke ujung. Dikutip dari Shine, bahwa menyisir rambut langsung dari akar ke ujung dapat menyebabkan kerusakan, rambut patah atau rambut rontok.
Salah pilih sisir rambut
Rambut basah terutama, adalah rambut yang sangat rapuh dan sensitif. Di saat ini, rambut mudah sekali mengalami kerusakan apabila Anda kurang cermat menanganinya. Saat rambut dalam keadaan basah, hendaknya rambut disisir dengan sisir bergigi jarang dengan perlahan. Kemudian setelah dikeringkan, baru disisir kembali dengan sisir stylist.
Dengan perlakuan yang baik, rambut akan tetap indah sepanjang hari seperti rambut sehabis ke salon.
Sumber: vemale.com