Jangan Sering Galau Jika Anda Tak Ingin Gemuk


Info Kesehatan – Ingin terbebas dari masalah kegemukan? Caranya sangat sederhana, Anda tak perlu galau (pikiran sedang kacau) lagi. Seseorang sering galau biasanya mengalami gangguan tidur dan  pikiran tidak tenang. Multitasking adalah dampak yang sering terjadi, seperti makan sambil menonton televisi atau bekerja. Hal ini menjadi faktor pemicu Anda cepat gemuk.
Adapaun hal ini bisa terjadi berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, edisi April. Penelitian tersebut dilakukan oleh sebuah tim dari University of Birmingham yang menjelajahi literatur dunia medis dengan meneliti bagaimana perhatian dan memori mempengaruhi asupan makanan. Penelitian tersebut dibagi dalam dua kelompok. Pertama, kelompok yang mengonsumsi makanan tertentu sambil menonton televisi, kelompok kedua konsumsi makanan tanpa melihat televisi. Demikian seperti dilansir Harvard Health Publications.
Selanjutnya, hasil dari penelitian itu diketahui  bahwa kelaparan bukanlah hal yang mempengaruhi berapa banyak seseorang makan siang. Perhatian dan memori ternyata lebih berkontribusi mengenai hal itu. Misalnya, setelah Anda mulai makan, dibutuhkan 20 menit atau lebih sebelum otak mulai mengirimkan pesan, “Saya sudah kenyang” atau “Saya sudah tidak lapar lagi,” dengan istilah lain adalah sinyal yang mematikan nafsu makan. Hal inilah yang memicu Anda terus mengonsumsi lebih asupan makanan. Pasalnya saat mengonsumsi makanan sambil menonton atau melakukan kegiatan sejenisnya, perhatian Anda tidak fokus hingga pesan dari otak untuk berhenti tidak terekam dalam pikiran. Sehingga Anda tetap memasukan makanan itu.
Hal ini terjadi karena instruksi otak juga ikut masuk bersama makanan yang Anda makan dan akhirnya mengabaikan informasi itu. Sehingga instruksi untuk selesai makan pun tak terespons. Namun akan lain ceritanya bila makan dengan kesadaran, Anda akan tahu kapan akan berhenti jika kenyang.
Kesimpulan penting dari penelitian ini menjelaskan bahwa seseorang yang sedang galau atau terganggu pikirannya cenderung makan lebih banyak daripada makan dengan kesadaran dan tanpa kegiatan. Jadi bagi Anda yang ingin terus badannya ideal,  sebaiknya nikmatilah waktu makan Anda dengan baik.
Sumber: okezone.com