Makanan Ini Banyak Mengandung Kalsium


Info Kesehatan – Setiap orang tidak hanya membutuhkan vitamin, tapi juga mineral. Salah satu mineral yang penting dibutuhkan adalah kalsium. Tapi, masih banyak masyarakat yang salah kaprah mengenai kalsium. Masyarakat menganggap kalsium itu hanya susu. Mungkin karena banyak iklan yang mengajarkan minum susu. Padahal susu juga ada di makanan lain.
Masyarakat diminta waspada untuk meminum susu karena sudah banyak sapi yang disuntik dengan antibiotik atau hormon sehingga berpengaruh pada susu. Menurut dr. Phaidon L Toruan, sapi dalam kondisi hamil pun diperas susunya. Ini bisa meningkatkan hormon progesteron atau hormon esterogen pada susu hingga tiga kali lipat dan meningkatkan risiko kanker pada perempuan peminum susu.
Phaidon mengingatkan bahwa sumber kalsium bukan hanya dari susu. Kalsium yang dikonsumsi harus bersamaan dengan magnesium. Satu paket itu mesti ada dalam makanan sehari-hari, seperti sayuran hijau. Sayuran hijau itu kaya kalsium.
“Salah satu sumber kalsium yang terbaik adalah sumber kalsium yang disebut dengan coral kalsium. Ini dikonsumsi oleh orang-orang di Okinawa, Jepang. Di Okinawa orang hidup sampai 100 tahun lebih dan mereka adalah konsumen teratur coral,” kata Phaidon di Jakarta, Kamis (28/03/2013)
Coral kalsium itu merupakan komposisi kalsium dan magnesium dengan rasio perbandingan selalu tepat dua banding satu. Dan dr. Phaidon menyarankan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium ini. 
“Sumbernya (kalsium dan magnesium), kalau dalam bentuk makanan sehari-hari, yaitu sayur dan tidak di masak. Mungkin Anda tahu cerita tentang orang sunda yang tulangnya sehat dan kuat karena makan sayuran (lalap). Gak pernah ada osteoporosi orang Jawa Barat.” Sayur yang dimasak akan merusak kandungan gizinya. Karena itu, menurut Phaidon, jika seseorang tidak mau makan lalap, tetap bisa mengonsumsi suplemen makanan, coral kalsium.
Sumber: liputan6.com