Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan


Info Kesehatan – Tanaman semangka merupakan tanaman menjalar yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buahnya yang berkalori rendah walaupun rasanya manis ini sangat baik dikonsumsi jika anda sedang berdiet karena bebas lemak dan kaya akan vitamin C. 

Nah jika dagingnya mengandung zat-zat di atas, maka bijinya mengandung likopen yang baik bagi tubuh. likopen berfungsi sebagai zat anti kanker yang artinya dapat membasmi sel kanker dalam tubuh. Selain sebagai zat anti kanker, biji semangka juga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh kencing, menyejukan radang kandung kemih, melembabkan usus, dan menyehatkan ginjal. Jadi jika anda bermasalah dengan ginjal anda, ada baiknya untuk memanfaatkan biji semangka sebagai obatnya.

Selain itu, ternyata likopen yang terkandung di dalam semangka juga baik bagi wajah anda. Selain itu bagi para lansia, biji semangka dapat memulihkan kesehatan setelah sakit dan juga berkhasiat menajamkan daya ingat.

Bagi para pria, likopen juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria dan juga gairah. Bahkan, menurut sebuah penelitian, biji semangka memiliki fungsi setara dengan obat paten yang terkenal itu namun tidak memiliki efek samping. Nah mengagumkan bukan?

Selain fungsi di atas ternyata biji semangka ini selain dimanfaatkan sebagai makanan ringan yaitu kwaci juga dimanfaatkan sebagai susu. Menurut sebuah penelitian kandungan proteini biji semangka hampir setara dengan kedelai. Jadi susu biji semangka ini sangat pas bagi mereka yang alergi dengan susu sapi atau bagi mereka yang ingin berdiet.

Nah itu adalah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari biji semangka. Jadi jangan buang biji semangka sisa anda makan, karena anda masih dapat memanfaatkannya kembali untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit.
Sumber: infomanfaat[dot]com