Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan


Info Kesehatan – Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kata dokter spesialis gizi klinik dari FKUI-RSCM, Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK. 
“Minyak ikan dapat menjadi suplemen untuk tumbuh kembang anak dan kesehatan orang dewasa, karena mengandung banyak zat penting,” kata Fiastuti pada jumpa pers Champs Emultion di Jakarta, Rabu. Selain mengandung vitamin A dan D, minyak ikan juga mengandung lemak tidak jenuh ganda yaitu Omega 3 dan Omega 6. Asam lemak tidak jenuh ganda atau yang kerap disebut PUFA , sangat bermanfaat untuk proses kecerdasan, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh balita. 
“EPA dan DHA penting untuk membanu pertumbuhan dan perkembangan susunan saraf pusat anak, karena jenis lemak tidak jenuh ganda ini mencapai 30 persen dari total berat otak,” ujar Fiastuti. 
Selain itu, minyak ikan dikatakan Fiastuti juga bermanfaat untuk mencegah aterosklerosis akibat inflamasi, serta penyakit jantung koroner.  Lebih lanjut Fiastuti mengemukakan bahwa lemak ikan adalah lemak yang paling sehat dibandingkan dengan lemak hewani lainnya. Hal itu dikarenakan, ikan memiliki tingkat kolesterol yang sangat rendah, namun gizi dan protein yang tinggi. 
“Ikan cod, salmon, tongkol, ikan kembung, serta ikan tuna adalah beberapa ikan yang kaya akan lemak tidak jenuh ganda. Ikan-ikan ini biasanya hidup di perairan laut dalam dingin,” demikian Fiastuti. 
Sumber: vemale.com