Mantan Perokok: Vitamin E Bantu Lindungi Jantung


Info Kesehatan – Peneliti di Ohio State University menunjukkan pentingnya vitamin E bagi kesehatan jantung orang yang sudah berhenti merokok. Mereka menunjukkan adanya perbaikan pada fungsi pembuluh darah berkaitan dengan konsumsi vitamin E tertentu.
Hasil ini diketahui setelah mereka melakukan penelitian terhadap perokok yang diminta untuk berhenti selama tujuh hari. Setelah berhenti merokok, peneliti menemukan adanya peningkatan fungsi pembuluh darah sebesar 2,8 persen. Bagi mereka yang mengonsumsi vitamin E berbentuk gamma-tocopherol, peningkatan fungsi pembuluh darah bertambah sekitar 1,5 persen.
Meski peningkatan fungsi pembuluh darah ini tampak kecil, namun ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 13 – 19 persen di masa depan, seperti dilansir oleh Third Age. “Ini adalah penelitian jangka pendek yang menunjukkan hasil yang menjanjikan. Kami berharap mengembangkan sebuah terapi yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung di masa depan,” ungkap peneliti pada pertemuan Experimental Biology di Boston.
Sayangnya vitamin E yang digunakan dalam penelitian ini bukan vitamin E yang bebas dijual di pasaran. Vitamin E yang digunakan adalah gamma-tocopherol, sementara vitamin E yang dijual di pasaran adalah alpha-tocopherol. Peneliti akan meneliti lebih lanjut apakah hal yang sama berlaku pada vitamin E yang bisa didapatkan di pasaran.
Sumber: merdeka.com