Putih Telur vs Kuning Telur, Lebih Sehat Yang Mana?


Info Kesehatan – “Hati-hati lho, kuning telur itu kolesterolnya tinggi, jangan dimakan!” Pernahkah Anda mendengarkan kalimat tersebut? Banyak yang menjawab sering. Tetapi benarkah kuning telur itu pantas menjadi musuh tubuh sehat? Mari kita cari jawabannya.
Tidak hanya Anda saja, beberapa orang akhirnya membuang bagian kuning telur karena takut ancaman bahaya kolesterol. Memang benar, putih telur itu sehat dan bergizi, tetapi kuning telur juga tak kalah bergizinya.
Daripada bertanya-tanya apa manfaat sehat si kuning telur, mari kita lihat beberapa fakta tentang kuning telur dan putih telur.
> Lebih Difavoritkan
Putih telur lebih difavoritkan oleh pelaku diet karena kandungan kolesterolnya lebih rendah ketimbang kuning telur. Dengan mengonsumsi putihnya saja, mereka bisa mendapatkan suntikan nutrisi yang cukup tanpa khawatir berat badannya naik.
> Kaya Kalori
Kuning telur kaya kalori dan kolesterol, inilah mengapa ia dihindari oleh para pelaku diet. Tetapi bukan berarti kolesterol dalam telur selalu jahat ya. Masih ingat kan bahwa kolesterol ada yang baik, ada pula yang jahat?
> Mencegah Penyakit Jantung
Tak apa kok sesekali makan kuning telur. Kolesterol baik akan membantu mencegah penyakit jantung.
> Mengorangi Kolesterol Jahat
HDL atau kolesterol baik, akan membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat.
> Kandungan Lebih Beragam
Bila dibandingkan dengan putih telur, kandungan kuning telur lebih beragam, ada kalsium, zat besi, fosfor, zinc, thiamin, vitamin B6, folat, vitamin B12, dan panthothenic acid.
> Sama-sama Mengandung Vitamin A
Baik putih telur maupun kuning telur sama-sama mengandung Vitamin A, vitamin B12 dan riboflavin.
> Mengontrol Kadar Gula
Lemak tak jenuh baik untuk kesehatan jantung. Dan lemak tak jenuh dapat mengontrol kadar gula di dalam darah serta jumlah kolesterol.
Nah, sesekali bolehlah Anda mengonsumsi kuning telur. Tak harus selalu takut pada si sehat ini kok. 
Sumber: hariansumutpos.com