Waspada, Bumil Merokok Picu Anak Autis


Info Kesehatan – Gangguan pada saraf otak merupakan faktor utama seorang anak jadi autis, namun kondisi itu bukanlah muncul tiba-tiba. Apakah itu? Misalnya, kebiasaan merokok saat ibu hamil (bumil). Hal ini tentu tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh Anda, tapi juga perkembangan janin dalam kandungan, khususnya otak.
“Autisme bisa dikatakan pembentukan otak anak tidak sempurna saat di kandungan. Menanggapi kondisi itu, para ahli mempunyai anggapan bahwa itu dipicu gaya hidup ibu saat mengandung, kasus tersering yaitu merokok. Dan bila sang ibu tetap merokok, jangan kaget bila anak Anda mengalami kecacatan ataupun autisme setelahnya. Itu konsekuensi yang harus ditanggung,” kata Dr. dr. Dwidjo Saputro, Sp.KJ (K), psikater dari Asosiasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja dalam acara bertema Diagnosis Akurat, Pendidikan Tepat dan Dukungan Kuat untuk Menciptakan Masa Depan Anak Autis yang Lebih Baik di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa, (9/4/2013).
Dia menjelaskan, hal ini karena efek nikotin dan tar pada rokok mempunyai dampak mengikis pembentukan bagian-bagian janin sedang berkembang. Untuk itu, dia menyarankan ketika ibu sedang hamil, jauhkanlah segala hal dari gaya hidup tidak sehat, khususnya merokok.
“Menjauhi rokok saat mengandung sangat penting, meskipun banyak yang suka mengabaikannya. Namun untuk urusan wanita saat hamil, sangat dilarang keras untuk merokok. Alasannya karena berpengaruh sangat signifikan pada perkembangan janin, khususnya otak yang sangat dibutuhkan manusia,” tutupnya.
Sumber: okezone.com