Cara Menjaga Otak Agar Tetap Muda


Info Kesehatan – Tak hanya tubuh, otak dna mental juga bisa menua seiring dengan bertambahnya usia. Menuanya otak bisa berkaitan dengan masalah dan penyakit mental seperti pikun, menurunnya kemampuan berpikir, dan lainnya.
Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak dan membuat otak awet muda meski usia terus bertambah. Berikut adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat otak tetap muda, seperti dilansir oleh NY Daily News.
1. Belajar bahasa baru
Mempelajari bahasa asing adalah cara utama yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan otak. Aktivitas ini diketahui bisa memberikan otak ‘olahraga’ sehingga membuatnya terus bekerja. Tak hanya itu, mempelajari bahasa asing juga bisa membentuk jalur baru dalam otak untuk belajar.
2. Belajar alat musik
Jika belajar bahasa hanya berkaitan dengan mental, maka dengan belajar alat musik Anda juga melatih kemampuan fisik. belajar memainkan alat musik diketahui sangat bagus untuk kebugaran mental. penelitian juga menunjukkan bahwa musik bisa membuka ingatan pada orang yang terkena demensia.
3. Tersesat
Iya, tersesat. Pergilah ke tempat yang belum Anda kenal sebelumnya, kemudian tersesatlah. Setelah itu paksa diri Anda untuk berpikir dan menemukan arah. Tentu saja, jangan pergi terlalu jauh dari daerah yang Anda kenal, dan tetap pilih daerah yang aman. Cara ini membuat Anda belajar untuk mengatasi situasi yang baru dan asing, serta membuat otak bekerja.
4. Melakukan kegiatan sukarela
Melakukan kegiatan baru dengan orang-orang baru, terutama kegiatan yang tidak bersifat materialistis baik untuk kesehatan mental Anda. Membentuk jaringan baru dengan orang-orang baru tak hanya baik untuk fisik tetapi juga mental.
5. Hadapi hal yang tak nyaman
Kebanyakan orang berhenti belajar ketika mereka menemukan daerah nyaman mereka. Ini membuat otak pasif dan tak lagi bekerja keras untuk belajar. Pada akhirnya kemampuan otak akan menurun. Untuk membuat otak tetap muda dan aktif, Anda harus berani menghadapi dan mencari situasi yang tak nyaman bagi Anda. Sehingga Anda terus belajar hal baru, begitu juga dengan otak Anda. Cobalah hal-hal yang tidak pernah Anda lakukan, belajar kemampuan baru, dan lainnya.
6. Olahraga
Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan mental Anda. Bahkan olahraga ringan yang dilakukan secara teratur bisa memberikan manfaat yang besar bagi otak dan pikiran.
7. Bermain
Otak kita sangat suka bermain. Faktanya permainan memiliki peran yang besar bagi perkembangan otak manusia dibandingkan dengan hewan lain di bumi ini. Namun tentunya pilih permainan yang cukup sulit dan membuat otak bekerja keras. Bermain akan membuat otak terus berlatih dan aktif.
8. Mendaftarkan diri di kelas
Anda bisa mengikuti kelas apa saja, kelas kursus bahasa asing, kelas memasak, atau lainnya. Penelitian menemukan bahwa berada di dalam kelas dan belajar bersama orang lain bisa meningkatkan kesehatan kognitif. Anda tak hanya membuat otak sehat, tetapi juga memiliki keterampilan baru.
9. Mempelajari teknologi baru
Mengikuti perkembangan teknologi dan dunia digital sama dengan mempelajari hal-hal baru. Jika melakukannya Anda bisa mendapatkan manfaat yang besar karena Anda akan terus mempelajari hal baru serta terhubung dengan semakin banyak orang. Melalui dunia teknologi Anda juga akan dihadapkan pada ide-ide baru yang membuat otak segar dan terus belajar.
10. Terus mencari tahu hal-hal baru
Otak memiliki sifat yang tidak pernah puas. Otak selalu ingin mempelajari hal-hal baru yang tak pernah Anda ketahui sebelumnya. Untuk itu, jangan tutup kesempatan otak untuk terus belajar. Carilah hal-hal, ide, atau kegiatan baru yang bisa membuat otak Anda terus bekerja. Dengan begitu, otak akan terus muda.
Sumber: merdeka.com