Gula Darah Tinggi Tingkatkan Resiko Penyakit Otak?

Info Kesehatan – Tingkat gula darah dan otak tampaknya tak saling berkaitan. Namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingkat gula darah yang tinggi bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit otak.
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang memiliki diabetes bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, namun peneliti di University of Arizona ingin mengetahui apakah tingkat gula darah juga mempengaruhi risiko orang yang tidak memiliki diabetes terkena penyakit Alzheimer.
Kemudian peneliti mencoba melakukan penelitian terhadap 124 orang berusia 47 – 68 tahun yang tidak memiliki diabetes dan memiliki fungsi otak normal. Mereka juga tidak memiliki sejarah keluarga yang memiliki Alzheimer, penyakit otak yang membuat penderitanya kehilangan ingatan. Otak partisipan kemudian dipindai untuk mengamati aktivitas metabolisme pada otak.
Hasilnya, orang dengan penyakit Alzheimer cenderung mengalami penurunan metabolisme otak pada bagian tertentu. Sementara pola yang sama terlihat pada partisipan yang memiliki tingkat gula darah tinggi. Penelitian ini menunjukkan kaitan antara ALzheimer dengan tingkat gula darah yang tinggi. Namun penelitian ini tak menunjukkan hubungan sebab akibat.
“Kebanyakan penelitian berfokus pada perawatan dan memperlambat penurunan memori pada pasien Alzheimer. Akan sangat baik jika bisa mencegah penyakit tersebut lebih awal, mungkin di usia pertengahan,” ungkap Christine Burns, seperti dilansir oleh US News.
Ketua peneliti Christine Burns berharap hasil penelitiannya ini bisa bermanfaat untuk mencegah Alzheimer pada orang yang berisiko. Hasil penelitiannya ini diterbitkan dalam jurnal Neurology.
Sumber: merdeka.com