Hindari Makanan Terburuk Untuk Perut Kembung

Info Kesehatan – Beberapa orang menganggap kembung membuat mereka sendawa dan kentut berlebihan. Sementara sebagian yang lain mendefinisikan kembung sebagai perut yang membuncit yang bisa disertai sembelit atau tidak sama sekali. Apapun penyebabnya, sebaiknya Anda menghindari makanan terburuk untuk perut kembung seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.
Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti brokoli atau kubis mengandung sulfur dan karbohidrat bernama raffinose. Keduanya sulit dicerna oleh tubuh. Meskipun memasak bisa membantu memecah senyawa tersebut, namun makan sayuran berdaun hijau tidak mampu meredakan kembung yang dialami.
Produk susu
Tidak semua orang kembung setelah mengonsumsi produk susu. Namun sebagian dari mereka menderita intoleransi laktosa, kondisi di mana tubuh tidak memiliki enzim untuk memecah laktosa. Hal yang sama juga berlaku untuk orang-orang yang intoleransi gluten. Karena tidak mampu memecah gluten – senyawa dalam gandum – perut juga bisa jadi kembung.
Makanan berlemak
Mengonsumsi makanan berlemak tinggi bukan ide yang baik ketika perut sedang kembung. Pasalnya lemak sangat sulit dicerna daripada karbohidrat maupun protein. Sehingga makan makanan berlemak hanya akan memperburuk perut kembung.
Junk food
Karena kebanyakan junk food mengandung lemak dan gula tinggi, makanan ini pun termasuk buruk bagi penderita perut kembung. Hindari junk food jika tidak ingin kondisi perut kembung menjadi semakin parah.
Demikian berbagai makanan terburuk untuk perut kembung. Salah satu cara meredakan perut kembung bisa dilakukan dengan menikmati teh jahe hangat.
Sumber: merdeka.com