Ibu Perokok: Cegah Kanker Janin Dengan Konsumsi Ini

 
 Info Kesehatan – Vitamin C bisa membantu untuk mencegah masalah paru-paru pada anak yang dilahirkan oleh ibu perokok. Wanita diharapkan tidak merokok saat hamil karena bisa menyebabkan masalah seperti asma atau kanker paru-paru pada anaknya. Namun jika wanita perokok tak bisa berhenti, maka peneliti menyarankan agar mereka banyak mengonsumsi vitamin C.

Hasil penelitian yang dilakukan pada 159 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C di masa kehamilan bisa melindungi paru-paru bayi, meski ibu mereka perokok. Peneliti menemukan bahwa bayi yang lahir dari wanita perokok yang mengonsumsi vitamin C memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan wanita perokok yang mengonsumsi plasebo.

Selama setahun pertama, 21 persen bayi yang lahir dari ibu perokok yang mengonsumsi vitamin C mengalami sesak napas, dibandingkan dengan 40 persen bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengonsumsi plasebo.

Peneliti juga menemukan sekitar 22 persen bayi yang lahir dari ibu yang mengonsumsi plasebo membutuhkan obat untuk sesak napas, sementara pada ibu yang mengonsumsi vitamin C hanya 13 persen, seperti dilansir oleh US News.

“Vitamin C adalah suplemen aman dan murah yang bisa mengurangi efek rokok pada kesehatan pernapasan janin selama kehamilan maupun setelah lahir,” ungkap ketua penelitian Dr Cynthia McEvoy dari Oregon Health & Science University Children’s Hospital.

Meski penelitian ini menunjukkan kaitan antara konsumsi vitamin C dengan penyakit paru-paru pada anak dari ibu perokok, namun peneliti menegaskan bahwa penelitian ini tak membuktikan adanya hubungan sebab akibat.

Sumber: merdeka.com