Inilah Asal Mulanya Timbul Rasa Gatal Pada Tubuh

Info Kesehatan – Tiada yang lebih nikmat selain gatal digaruk. Setidaknya itulah pendapat dari orang-orang yang pernah merasakan sensasi gatal menggelitik di permukaan kulit mereka. Tapi tahukah Anda bahwa rasa gatal itu sebenarnya bukan kulit yang memunculkannya, tetapi otak Anda. Benarkah? Adalah sekelompok peneliti dari National Institutes of Health, Maryland, yang menemukan senyawa kimia dalam otak sebagai penyebab utama munculnya rasa gatal.
Penelitian dilakukan dengan mengujicoba berbagai senyawa kimia yang dapat membawa informasi ke otak, terutama yang berhubungan dengan rasa gatal. Para peneliti pun menemukan satu senyawa bernama Npbb yang diketahui sebagai pemicu rasa gatal.
Santosh Mishra salah satu peneliti dari National Institutes of Health menyatakan, “Ketika tikus-tikus yang kekurangan Npbb kami papari dengan beberapa zat pemicu gatal ternyata tidak ada yang terjadi. Namun saat kami menyuntik mereka dengan Npbb, tikus-tikus tersebut langsung menggaruk-garuk badannya,” seperti dikutip dailymail.
Meski membutuhkan penelitian lebih lanjut namun hasil temuan ini diharapakan dapat membantu mengurangi reaksi gatal-gatal yang kerap dialami penderita diabetes, eksim, gangguan fungsi hati, dialisis ginjal, dan kanker. 
Sumber: duniafitnes.com