Kunci Utama Turunkan Resiko Batu Ginjal Pada Wanita


Info Kesehatan – Studi terbaru menemukan bahwa olahraga ternyata ampuh dalam menurunkan risiko batu ginjal pada wanita. Anda tentu tidak perlu melakukan latihan fisik yang super ketat. Cukup dengan berjalan kaki beberapa jam dalam seminggu, Anda sudah dapat mengurangi risiko batu ginjal. Hasil studi ini akan dibahas di American Urological Association conference di San Diego. 
“Sedikit perubahan gaya hidup bisa berdampak besar terhadap kesehatan, dan intensitas tidak masalah. Namun Anda hanya perlu mendapatkan jumlah minimal dari aktivitas fisik tersebut,” papar Dr Mathew Sorensen dari University of Washington School of Medicine di Seattle, seperti dilansir AP.
Sekitar 9 persen orang akan menderita batu ginjal selama hidupnya. Masalahnya adalah penyakit ini lebih umum terjadi pada pria, namun kasus tersebut telah meningkat 70 persen selama 15 tahun terakhir di kalangan wanita.
Masalahnya adalah sedikit lebih umum pada laki-laki, namun insiden telah meningkat 70 persen selama 15 tahun terakhir, paling cepat di kalangan wanita. Obesitas dan konsumsi suplemen kalsium – yang banyak dikonsumsi wanita setelah menopause – meningkatkan risiko batu ginjal. 
Penelitian terbaru melibatkan hampir 85.000 wanita dengan usia rata-rata 50 tahun atau lebih. Semua peserta menjalani serangkaian tes termasuk, mengukur berat badan dan tinggi, sehingga dokter bisa tahu berapa indeks massa tubuh mereka. 
Peserta juga mengisi survei tahunan tentang apa yang mereka makan, sehingga peneliti bisa memperhitungkan faktor penurunan risiko batu ginjal, seperti minum banyak cairan dan makan lebih sedikit garam atau daging.
Sumber: merdeka.com