Panduan Vagina Tetap Sehat Alami

Info Kesehatan – Organ intim wanita memang harus dijaga agar bebas dari penyakit dan masalah mengganggu lainnya. Lakukan trik berikut ini, Anda pun tak perlu cemas lagi. Inilah panduannya, sebagaimana diulas Tabloid Genie.
> Peliharan kebersihan diri dan kebersihan dalam hubungan intim dengan suami Anda. Hal ini dilakuakn untuk mencegah infeksi melalui saluran reproduksi. Sangat tidak dianjurkan untuk berganti-ganti pasangan karena akan menambah kemungkinan terjadinya infeksi.
> Gunakan air bersih untuk membersihkan vagina. Lakukan pencucian, terutama setelah buang air kecil maupun besar. Bilas area vagina dari depan ke belakang agar terhindar dari kontaminasi kuman di anus.
> Jagalah daerah Miss V dan selangkangan agar tetap kering. Kondisi yang lembap akan menarik datangnya jamur dan bisa menimbulkan gangguan pada organ reproduksi Anda.
> Lakukan perawatan terhadap rambut yang tumbuh di area vagina Anda. Rapikanlah dengan memendekkan atau memotongnya menggunakan gunting atau dicukur, jangan dicabut karena akan menimbulkan lubang.
> Jagalah kebersihan pakaian dalam Anda. Gantilah celana dalam sekurang-kurangnya dua sampai tiga kali sehari. Selain itu, pilihlah bahan celana dalam yang mudah menyerap keringat, karena karena jika tidak jamur bisa menempel di alat kelamin. Hindari untuk saling bertukar pakaian dalam dengan orang lain, bahkan itu keluarga sendiri karena setiap orang memiliki kondisi kelamin yang berbeda.
> Gantilah pembalut sesering mungkin saat mensturasi. Ketika mensturasi kuman-kuman mudah untuk masuk dan pembalut yang telah ada gumpalan darah merupakan tempat berkembangnya jamur dan bakteri. Usahakan untuk mengganti setiap empat jam sekali, dua sampai tiga kali sehari atau sudah merasa tidak nyaman. Jangan lupa bersihkan vagina sebelumnya ketika mengganti pembalut.
> Untuk penderita infeksi jamur, cucilah celana dalam dengan cara yang tepat. Jamur hanya bisa dimatikan dengan panas tinggi.
> Jaga daya tahan tubuh secara umum dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Lakukan olahraga secara teratur dan berikan asupan multivitamin unutk meningkatkan asiditas sekresi vagina.
Sumber: okezone.com