Waspadalah, Alkohol Dapat Merusak Mata Dan Kulit

Info Kesehatan – Alkohol tak hanya berbahaya untuk kesehatan tubuh tetapi juga bisa merusak kulit dan kecantikan Anda. Alkohol membuat ginjal bekerja lebih keras sepanjang waktu untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Tak hanya itu, alkohol juga mengurangi jumlah vitamin A dalam tubuh.
Alkohol bisa mempercepat proses penuaan dengan membuat kulit kering. Hal ini karena alkohol membuat kulit dehidrasi, sambil ‘merampok’ vitamin a dalam tubuh. Vitamin A dibutuhkan tubuh untuk memperbarui sel kulit. Saat tubuh tak cukup memiliki vitamin A, maka kulit menjadi kering dan mudah keriput.
“Kulit yang kering dan kurang cairan akibat alkohol rentan terkena radikal bebas yang menyebabkan banyak masalah seperti lingkaran hitam, kulit kusam, bintik-bintik hitam, tekstur kulit yang kasar, dan keriput,” ungkap dermatolog Dr Rickon Perreira dari Mumbai, seperti dilansir oleh Health Me Up.
Alkohol merusak kecantikan kulit
Mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa memberikan efek buruk pada kulit. Jika kebiasaan minum alkohol tetap dilakukan, efek buruk pada kulit bisa menjadi permanen. Alkohol bisa menyebabkan kulit berwarna merah, dan mudah iritasi. Selain itu, alkohol juga bisa mempengaruhi kapiler dan pembuluh darah pada kulit.
Kecanduan alkohol bisa merusak kapiler dan pembuluh darah. Menyebabkan pembuluh darah menonjol pada kulit dan terlihat merah seperti jaring-jaring laba-laba yang terlihat tidak indah pada kulit. Pembuluh merah ini juga bisa terlihat pada mata, sehingga banyak pecandu alkohol yang memiliki mata berwarna merah dan kering.
Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan kembung dan kenaikan berat badan serta menyebabkan munculnya selulit. Alkohol membuat Anda susah tidur nyenyak dan masuk ke tahap tidur REM, sehingga akan menyebabkan mata Anda bengkak dan memiliki lingkaran hitam. Dengan kata lain, alkohol akan merusak kecantikan Anda.
Alkohol bisa menyebabkan kebutaan
Selain mempengaruhi kulit dan kesehatan tubuh, alkohol juga memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan mata. Bahkan, kecanduan alkohol bisa menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa menyedot semua nutrisi dari dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga kesehatan organ, termasuk mata.
Kelainan yang disebabkan oleh alkohol pada mata disebut ‘alcoholic optic neuritis’. Kelainan ini menyebabkan kerusakan pada mata yang lama-kelamaan bisa menyebabkan kebutaan. Tak hanya mata, rambut juga terpengaruh oleh alkohol. Karena alkohol mengurangi asupan zat seng pada tubuh, hal ini menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah rusak, seperti bercabang dan patah.
Para ahli juga mengingatkan bahwa wanita lebih mudah terpengaruh efek buruk alkohol. proses metabolisme alkohol pada wanita berbeda dengan pria. Proses metabolisme yang cepat membuat wanita lebih cepat memproses alkohol pada aliran darah mereka, sehingga wanita juga merasakan efek buruk alkohol lebih cepat dari pria.
Setelah mengetahui efek buruk alkohol pada kecantikan dan kesehatan mata Anda di atas, sebaiknya Anda berpikir ulang sebelum mengonsumsi minuman tersebut.
Sumber: merdeka.com