Kacang Dan Minyak Sayur Dapat Lawan Kanker Prostat

Info Kesehatan – Memasak dengan minyak sayur dan mengganti camilan tidak sehat menjadi kacang mampu meningkatkan kesempatan bertahan hidup pria penderita kanker prostat, demikian menurut penelitian terbaru.
Berdasarkan penelitian dalam jurnal JAMA Internal Medicine, peneliti menemukan bahwa konsumsi satu sendok makan minyak sayur mampu menurunkan risiko kematian akibat kanker prostat sebesar 29 persen dan 13 risiko meninggal karena penyakit lain. Sekitar 4.577 pasien kanker prostat terlibat dalam penelitian ini. Peneliti pun berharap adanya penemuan ini bisa dijadikan panduan bagi penderita kanker prostat untuk menjaga konsumsi makanannya sehari-hari.
Minyak sayur memang jauh lebih menyehatkan dibanding dengan minyak yang terbuat dari lemak binatang. Beberapa contoh minyak sayur adalah minyak zaitun, minyak canola, minyak kacang almond, dan minyak biji buah alpukat. Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, penelitian tersebut juga membuktikan kalau konsumsi kacang harian turut menurunkan risiko kematian akibat kanker prostat sampai 18 persen.
“Konsumsi kedua makanan itu meningkatkan antioksidan dalam tubuh serta menurunkan insulin dan inflamasi. Sehingga bisa dikatakan kacang dan minyak sayur adalah makanan tepat untuk melawan kanker prostat,” tutur peneliti Dr Erin Richman, dari University of California di San Francisco.
Sumber: merdeka.com