Rambut Beruban Pertanda Sehat dan Umur Panjang

Info Kesehatan – Ada kabar baik bagi Anda yang punya rambut berwarna abu-abu alias beruban! Menurut penelitian terbaru, rambut beruban ternyata bisa menjadi tanda kita memiliki tubuh yang sehat. Sejumlah ilmuwan Spanyol, yang meneliti seekor babi hutan, menemukan bahwa memiliki rambut abu-abu sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki umur yang panjang dan tubuh yang sehat. Menurut para ilmuwan tersebut, rambut abu-abu yang disebabkan tidak adanya melanin itu tampaknya tanda kesehatan baik pada babi.
“Seperti rambut manusia, babi hutan juga punya rambut beruban di seluruh badannya,” ungkap peneliti Ismael Galvan seperti dikutip Zeenews.com. “Tetapi, kami menemukan bahwa babi yang berambut uban sebenarnya mereka dalam kondisi prima dan dengan tingkat terendah dari kerusakan oksidatif,” katanya. Para ilmuwan juga menemukan, berambut merah bisa membuat babi lebih rentan terhadap penyakit. Hal itu ditemukan setelah peneliti melakukan pengamatan di populasi babi hutan.
Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Physiological and Biochemical Zoology, babi hutan liar berkulit merah memiliki lebih banyak kerusakan sel lebih daripada babi hutan yang berwarna biasa. Alasannya adalah, produksi pigmen merah akan menggunakan antioksidan bisa menghancurkan radikal bebas yang merusak sel.
Sumber: duniafitnes.com