Trik Kencangkan Kulit Kendur Setelah Turun Berat Badan

Info Kesehatan – Berhasil menurunkan berat badan tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun hilangnya timbunan lemak ternyata meninggalkan kulit kendur yang menggelambir di perut, paha, lengan, dan bagian tubuh lain. Bagaimana mengatasinya?
Salah satu cara instan menghilangkan kulit kendur sisa penurunan berat badan adalah dengan operasi. Namun tunggu dulu, selain tentunya sangat mahal, beberapa orang menyatakan bahwa kulit mereka tidak sepenuhnya kencang kembali setelah melakukan operasi. Berikut adalah beberapa tip untuk mengencangkan kulit kendur akibat penurunan berat badan:
1. Minumlah Cukup Air
Air berpengaruh sangat besar terhadap penampilan kulit Anda jadi pastikan tubuh Anda senantiasa terhidrasi agar kulit menjadi halus dan lentur. Minumlah minimal 8 gelas air (1,9 liter) hingga 15 gelas (3,7 liter, termasuk dari makanan dan minuman) per harinya. Selalu bawa dan sediakan botol berisi air minum agar selalu ingat untuk minum tanpa harus menunggu kehausan.
2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein
Protein berperan sangat besar dalam pertumbuhan dan fungsi organ-organ tubuh termasuk kulit. Kurangi asupan karbohidrat simpel dan sebaliknya konsumsilah makanan kaya protein seperti dada ayam, daging sapi, atau putih telur. Konsumsi juga makanan pendukung kolagen dan elastin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit seperti ikan salmon, keju, susu bebas lemak (atau whey protein), tofu, kacang-kacangan, dan buncis.
3. Menggosok Kulit Mati
Anda tahu sayuran oyong atau gambas? Sayuran tersebut ternyata telah lama dikenal mampu membuang kulit mati pada kulit. Prosesnya disebut exfoliation atau pengelupasan kulit mati.
Caranya sangat simpel, Keringkan oyong dibawah sinar matahari hingga setengah kering, lalu kupas kulitnya, kemudian guncang-guncang untuk membuang bijinya, dan gosokkan merata pada kulit yang kendur setiap kali sebelum mandi. Jika repot, gunakan saja spon mandi Anda. Kulit mati yang terbuang akan segera digantikan dengan kulit mati yang segar.
4. Bangun Massa Otot Tubuh
Lakukan latihan angkat beban untuk menambah massa otot tubuh sehingga mengisi bagian kulit yang kendur. Gunakan beban yang berat dengan sedikit repetisi. Pilihlah beban yang cukup menantang dan lakukan latihan 3-4 set kali 6-8 repetisi. Khusus latihan otot perut, lakukan 3-4 set kali 20-25 repetisi.
5. Suplementasi Vitamin E, A, dan C
Tambahkan suplementasi vitamin E, A, dan C yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan kolagen kulit sehingga menambah elastisitas kulit.
6. Turunkan dan Pertahankan Kadar Lemak Rendah
Turun berat badan bukan berarti kadar lemak tubuh Anda rendah. Para atlet binaraga dan ideal body menyarankan cara untuk menurunkan kadar lemak tubuh (dengan olahraga dan diet tinggi protein serta rendah lemak) hingga 10-12% dan pertahankan hingga setahun. Maka kulit yang kendur akan kencang kembali menyesuaikan dengan otot tubuh. Gunakan fat monitor untuk memastikan bukan massa otot yang berkurang.
7. Hindari Penurunan Berat Badan Drastis
Saran ini cocok bagi yang belum terlanjur memiliki kulit kendur. Dengan menurunkan berat badan sedikit demi sedikit maka kulit Anda akan menyesuaikan dengan ukuran tubuh yang menyusut. Penurunan berat badan yang disarankan adalah setengah kilo per minggu atau 2 kg per bulan.
Sumber: duniafitnes.com