6 Strategi Supply Chain Management


Supply Chain Management atau SCM adalah rentetan kegiatan yang terdiri dari koordinasi, penjadwalan, pengelolaan, serta pengendalian terhadap pengadaan, persediaan, hingga pengiriman produk kepada konsumen. SCM menghubungkan seluruh pihak yang terkait dengan proses pembuatan produk dari bahan mentah ke bahan jadi, mulai dari pemasok, manufakturer atau pabrik, logistik, hingga konsumen. Pihak yang terlibat tersebut sekaligus pihak yang bertanggung jawab untuk memberikan produk hasil jadi ke konsumen dalam kurun waktu yang telah ditentukan, dengan cara yang efisien serta tempat yang tepat.

SCM atau manajemen rantai pasokan juga membutuhkan strategi khusus agar roda bisnis tetap berjalan dengan semestinya. Karena dalam prosesnya pasti muncul berbagai permasalahan yang terkait dengan distribusi jaringan seperti strategi distribusi, manajemen inventaris, hingga aliran dana. Untuk itulah dalam manajemen ini dibutuhkan strategi jitu yang tepat sasaran. Tanpa strategi yang tepat, bukan tak mungkin perusahaan akan kesulitan mencapai apa yang diimpikan. Simak strategi SCM yang dapat Anda coba terapkan berikut ini!

Komunikasi Rutin Dengan Konsumen

Berkomunikasi secara rutin dengan konsumen ada baiknya untuk lebih diintefsikan, terlebih pada saat menghadapi dan menyikapi situasi ekonomi yang tengah mengalami penurunan.

Membina Hubungan Baik

Membina hubungan baik dengan konsumen juga merupakan salah satu strategi dalam supply chain management. Membina hubungan erat dan bermitra baik dengan konsumen dapat membawa bisnis ke arah yang lebih baik. Selain itu memiliki hubungan baik dengan konsumen juga dapat meminimalisir kekecewaan konsumen yang mungkin saja timbul akibat dari beberapa faktor seperti barang yang tidak sesuai, cacat atau rusak, dan lain sebagainya.

Rekanan Strategis

Tak hanya dengan konsumen, hubungan baik dengan supplier, distributor, hingga logistik juga harus terus dibina. Rekanan strategis ini dapat menjadi suatu bagian penting dalam peningkatan operasional. Rekanan ini akan membantu dalam sistem operasional yang efisien, strategis, dan cepat.

Menggunakan Dukungan Sistem

Dukungan sistem juga diperlukan dalam sebuah manajemen rantai pasokan. Karena manajemen yang didukung oleh suatu sistem dengan prosedur sistematisyang keseluruhan prosesnya dilakukan secara otomatis, dapat menghindari kesalahan karena faktor human error.

Menghubungkan Strategi Secara Keseluruhan

Perusahaan tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam suatu proses bisnis. Menghubungkan strategi secara keseluruhan merupakan salah satu bagian penting untuk mewujudkan tujuan dan mensukseskan manajemen rantai pasokan ini.

Optimalisasi Jaringan

Strategi yang tak kalah penting adalah mengoptimalisasi jaringan yang memiliki prospek bagus. Hal-hal penting terkait dengan strategi ini adalah lokasi suplai, jumlah suplai, fasilitas apa saja yang disediakan, pusat distribusi, hingga ukuran besar gudang. Hal-hal tersebut dapat membantu mengoptimalisasi jaringan strategis sehingga nantinya dapat membantu memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Itulah 6 strategi manajemen rantai pasokan. Supply chain management yang sehat adalah manajemen yang berhasil dalam pengelolaan permintaan dan pasokan secara proporsional dan seimbang.

Belum ada Komentar untuk "6 Strategi Supply Chain Management"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel